Ular garter kebal racun Kadal air


Ular Garter di beberapa lokasi geografis tampaknya mulai mengembangkan resistansi terhadap racun mematikan yang dikeluarkan oleh kadal air. Ular garter tampaknya berevolusi hingga tubuhnya tahan akan racun kadal air yang bernama tetrodotoxin (TTX), yang juga diproduksi oleh blowfish. Beberapa kadal air sangat beracun, mereka bisa memproduksi TTX yang cukup untuk sekumpulan manusia dewasa.
Sepanjang sebagian besar wilayah kadal air dan ular garter telah terkunci dalam semacam perlombaan senjata: ular garter tahan terhadap TTX yang menyebabkan seleksi alam untuk mendukung kadal air menjadi lebih beracun, dan hal ini mendorong kadal air untuk memiliki ketahanan yang lebih tinggi.
Ular Garter di beberapa lokasi geografis mengembangkan resistansi ekstrim terhadap TTX sampai produksi TTX pada kadal air tidak dapat mempengaruhinya. Tapi tampaknya populasi kadal air dan populasi ular garter berimbang.
Kadal air paling beracun ditemukan di daerah yang sama dengan tempat ular garter yang sangat tahan terhadap racunnya, dan di daerah tanpa kadal air beracun hanya ada ular garter yang tidak tahan racun. Data ini dibuktikan dari ketahanan ular garter yang disuntik dengan suntikan TTX dan dengan pencatatan seberapa cepat ular ular itu merayap. Meskipun TTX tidak membunuh ular garter yang tahan dengan racun TTX, racun TTX sering kali memperlambat pergerakan ular garter untuk sementara waktu. Ular garter yang kurang tahan terhadap racun TTX bergerak lebih lambat setelah penyuntikan TTX, dan beberapa diantaranya bahkan lumpuh sementara.