Perbedaan buaya dulu & sekarang


Sebuah artikel dalam Journal of Vertebrate Paleontology mengungkapkan buaya dan alligator berasal dari kelompok crocodyliforms yang sangat beragam yang hidup jutaan tahun yang lalu. Buaya & aligator bukanlah “fosil hidup” yang tak berubah sperti perkiraan orang selama ini,.
Menurut artikel tersebut, ada penemuan fosil baru-baru crocodyliforms yang tidak sesuai dengan ciri ciri buaya (gigi berbentuk kerucut, moncong panjang, rahang kuat dan ekor panjang). Salah satu dari spesies crocodyliform adalah Simosuchus clarki, yang hidup di Madagaskar sekitar 66 juta tahun yang lalu, pada akhir Zaman Dinosaurus. Clarki Simosuchus memiliki moncong tumpul, gigi berbentuk daun dan tubuh yang pendek yang dilapisi kulit tebal. Sejak penemuan tengkorak S. clarki dan sebagian kerangkanya 10 tahun yang lalu, cukup banyak tengkorak dan kerangka yang berasal dari Madagaskar mewakili hampir setiap tulang crocodyliform.
Menurut artikel itu, crocodyliform yang bertubuh gempal dan berekor pendek sepanjang  2 kaki itu tidak mampu menangkap mangsa dari tepi sungai seperti yang dilakukan buaya modern. Bahkan, rahang & gigi S. Clarki yang lemah mengindikasikan bahwa kemungkinan S. Clarki adalah  pemakan tanaman.