Python Versus Boa

 Apa sih bedanya Python dan Boa selain coraknya?
Seringkali orang bertanya pada saya karena bentuknya sepintas sama saja. Maka kali ini saya akan coba jelaskan perbedaan secara umum. Python biasa disebut juga ular piton atau ular sanca oleh masyarakat Indonesia. Timbul nama tersebut karena memang jenis Phython terdapat pula di Indonesia. Berbeda dengan jenis Boa yang tidak ada di Indonesia, maka tidak dikenal nama lokalnya, orang tetap menyebut dengan sebutan ular Boa sesuai nama aslinya.
Perbedaan yang sangat mendasar adalah dari cara berkembang biaknya. Python adalah jenis ular yang termasuk ovipar. Ovipar yaitu jenis hewan yang setelah proses perkawinan menghasilkan telur dan dikeluarkan untuk disimpan disarang. Berbeda dengan ular Phyton, ular Boa termasuk dalam jenis ovovivipar. Ovovivipar adalah sebutan untuk hewan yang bertelur dan beranak, dalam arti setelah proses perkawinan maka telur yang dihasilkan tidak dikeluarkan melainkan tumbuh, berkembang, dan menetas didalam tubuh. Sehingga pada saat waktunya tiba akan keluar bayi-bayi ular seolah-olah ular tersebut melahirkan anak seperti halnya mamalia.
Perbedaan berikutnya adalah wilayah penyebarannya. Untuk jenis python penyebarannya sebagian besar di Benua Asia. Berbeda dengan ular Boa yang penyebarannya sebagian besar di Amerika Selatan.