Cara Basmi Kutu Pada Ular



Kutu dan caplak pada reptil, khususnya ular memang sangat mengganggu. Selain mengganggu, kutu dan caplak pada ular bisa membuat ular berkurang nafsu makannya, anemia, shedding yang tidak sempurna dan lain sebagainya. Apa perbedaan kutu dan caplak? Kutu merupakan organisme yang sangat kecil dan hampir mirip seperti titik titik hitam yang berjalan di kulit ular. Sedangkan caplak berukuran lebih besar. 

Kedua jenis parasit ini menyedot darah untuk kelangsungan hidupnya. Kutu juga bisa menjadi pembawa parasit protozoa yang bisa tertular pada lairan darah ular. Jika ular terluka atau kondisinya menurun, penyakit lain yang berbahaya akan lebih mudah menyerang.

Ciri serangan kutu dan caplak bisa terlihat jelas dengan menggembungnya tubuh kutu atau caplak. Kulit ular berwarna lebih kudam, kadang timbul bintik bintik hitam di sisik ular, sisik mengeras hingga berkurangnya nafsu makan. Ular akan sering terlihat menggosokkan diri di kandang atau berendam di air dengan waktu yang lebih lama dari biasanya.

Caplak biasanya ditemukan di bawah sisik ular atau di hidung ular . Dan kutu, walaupun ukurannya lebih kecil, mudah dikenali dengan adanya titik titik kecil berwarna hitam atau merah  pada ular. Ada beberapa cara untuk menghilangkan caplak & kutu pada ular. 

Berikut langkah - langkahnya :

1.    Siapkan pinset kecil untuk mencabut caplak. Jangan mencabut caplak dengan tangan karena bisa jadi aneka penyakit yang ada pada caplak berpindah ke tangan anda.

2.    Cari caplak di sekitar hidung ular atau di bawah sisiknya, jika sudah menemukan, jepit bagian kepala & mulut caplak dengan pinset. Jangan pernah menjepit di bagian badan caplak karena organ penghisapnya akan menancap & tertinggal di tubuh ular. Dan ini bisa menimbulkan masalah baru seperti membusuknya potongan organ penghisap yang tertinggal atau luka bernanah pada ular.

3.    Segera angkat caplak dengan cara menariknya tanpa hentakan untuk menghindari adanya organ yang terputus atau tertinggal di tubuh ular. Jangan juga mencabut caplak dengan cara mencongkel caplak atau memilin tubuh  caplak.

4.    Jangan gunakan bahan yang mengandung petroleum jelly atau alcohol karena ini tidak akan membuat caplak menarik diri atau melepaskan tusukan dari tubuh ular.  Penggunaan bahan tadi hanya akan membuat caplak mengeluarkan cairan yang kemungkinann besar akan membawa penyakit bagi ular.

5.    Siapkan tempat berisi alcohol untuk menampung caplak yang sudah dicabut. Ini bertujuan supaya parasit ekternal ini mati dan tiadk menyerang individu lain. Jangan membuang caplak ke dalam toilet karena dengan cara ini caplak tidak akan mati.

6.    Setelah semua caplak tercabut, pastikan sekali lagi tidak ada caplak yang tertinggal di tubuh ular. Cuci tangan dengan sabun hingga bersih atau gunakan antiseptik.
Untuk menghilangkan kutu, caranya berbeda dengan menghilangkan caplak karena bentuk tubuh kutu  sangat kecil. Cara yang bisa dilakukan untuk membasmi kutu kutu pada ular adalah sbb:

1.    Cara yang paling mudah adalah dengan merendam ular di air hangat selama 20 menit hingga setengah jam. Secara otomatis kutu akan terlepas dari badan ular karena tenggelam.  Proses ini tidak bisa menghilangkan kutu di bagian tubuh ular yang tidak terendam, seperti kepala. Untuk mempercepat proses, bisa juga digunakan air rebusan daun sirih yang tidak terlalu pekat. Tunggu sampai suhu air suam suam kuku, rendam ular di dalamnya dan jangan sampai kena kepalanyya.  Ulangi proses ini secara rutin atau tiap hari sampai tidak ada lagi kutu yan tenggelam di air rendaman.

2.    Penggunaan kapur anti serangga juga bisa dilakukan walaupun sedikit beresiko. Gunakan langsung di tubuh ular atau hancurkan & taburkan di sudut sudut kandang. Jangan sampai kapur terjilat oleh ular karena bisa berbahaya bagi kesehatannya.

3.    Gunakan obat kutu yang banyak dijual di pasaran. Ada yang penggunaannya dengan cara dilarutkan dalam air rendaman, ada juga yang berbentuk spray. Cara ini relative lebih aman karena berbentuk obat dan tidak mengandung racun.

Setelah parasit sudah dihilangkan semua, jangan lupa melakukan pembersihan kandang. Ini penting karena kemungkinan masih ada sisa parasit yang tertinggal di kandang. Pemberrsihan juga bertujuan supaya kutu dan caplak tidak datang lagi. Lakukan pembersihan kandang dengan cara disinfektasi kandang.

Gunakan cairan pemutih (bleaching) yang sudah diencerkan untuk emncuci kandang, lap kandang hingga bersih lalu jemur hingga baunya hilang.  Untuk selanjutnya, jika mendatangkan ular peliharaan yang baru, ular wajib dikarantina terlebih dulu dan bila perlu berikan treatment seperti diatas.

Apalagi jika ular yang didapat adalah wild caught. Karantina ular paling tidak selama sebulan, jauhkan dari ular lain yang bebas kutu & caplak karena caplak bisa berpindah pindah dengan jarak yang cukup jauh dan mudah menular ke individu lain. Good luck !