Python Molurus Si Raksasa Cantik



Burmese pythons atau yang biasa kita kenal dengan sebutan lain piton molurus memiliki pola kulit yang sangat cantik. Pertumbuhannya sangat cepat & sifatnya yang gampang jinak mungkin membuat piton molurus jadi ular yang paling dikenal dan paling dipilih oleh para penghobi ular. 

Sayangnya, si pembelit yang sangat berpotensi tumbuh besar ini seringkali ditelantarkan dan dilepaskan ke alam liar jika sudah terlalu besar. Ular ini jarang menyerang. Walaupun belitannya bisa menyebabkan kematian, kasus seperti ini sangat jarang terjadi.

Piton molurus adalah salah satu dari beberapa ular terbesar di dunia, mendiami hutan & rawa rawa berumput Asia tenggara, ular ini mampu tumbuh hingga 7 meter dengan berat 90 kilo dengan garis tengah tubuh sebesar tiang telepon J. Saat masih kecil, piton molu banyak menghabiskan waktunya di pepohonan. 

Tapi, semakin dewasa ukuran serta berat badan mereka membuat mereka mengalami kesulitan memanjat pohon. Dan mereka akan menetap di tanah. Piton molurus juga jago berenang, dan mampu menyelam selama 30 menit sebelum muncul lagi untuk menghirup udara.

Burmese python atau piton molurus adalah pamakan daging, mangsanya kebanyakan unggas & mamalia kecil. Penglihatan piton molu sangat buruk dan mengandalkan sensor panas di sepanjang rahangnya & penerima kimiawi di lidahnya untuk mengikuti mangsanya. 

Molu membunuh mangsanya dengan membelitnya, mencengkeram mangsanya dengan gigi giginya yang tajam, melilitkan tubuhnya di tubuh mangsanya & melilitnya hingga kehabisan udara. Seperti semua jenis ular, molu memiliki rahang yang memungkinkan mereka menelan mangsanya utuh utuh.

Burmese python atau piton molurus ini adalah hewan yang penyendiri dan hanya akan terlihat bersama ular sejenis sewaktu masa kawin. Ular molu betina bisa bertelur hingga 100 butir yang dierami selama 2 hingga 3 bulan. Untuk tetap menghangatkan telur telurnya, ular molu mengkontraksikan atau menggetarkan otot ototnya.



Penurunan habitat, permintaan yang tinggi untuk dijadikan hewan peliharaan, perburuan untuk kulit & dagingnya membuat ular cantik ini masuk ke dalam daftar spesies yang terancam punah.