Kura kura Mini


Kura kura lucu ini kecil banget sampai sampai bisa masuk ke kotak korek api kalau kalau kura kura ini perlu perlindungan selain perlindungan dari tempurung kecilnya.. :)
Chinese box turtle ini menetas di Bristol Zoo beberapa minggu yang lalu. Kura kura ini juga dikenal dengan nama yellow-margined box turtles. Dan walaupun berukuran kecil, kura kura ini diburu untuk diambil daging & untuk pengobatan. Kura kura ini cuma seberat 15 gram dan sudah hampir punah :( . Tapi kura kura yang baru menetas di Bristol Zoo bisa jadi merupakan pertanda baik. :) Saat ini, kura kura langka ini hanya memiliki berat setengah ons dan panjangnya hanya 1.5 inci, tapi nanti akan tumbuh hingga 6.5 inci. Box turtle dewasa bisa mencapai berat hingga 800 gram, dan panjang sekitar 16cm. Box turtle bisa hidup hingga 50 tahun. Pendatang baru kebun binatang Bristol yang ukurannya lebih kecil dari kotak korek api ini sekarang berada di bawah pengawasan  tim dari kebun binatang & para ahli reptil.
Tim Skelton, curator reptile di Bristol Zoo Garden mengatakan kalo Chinese box turtle ini dumasukkan dalam daftar spesies yang terancam punah jadi ‘kehadirannya’ saat ini benar benar membawa angin segar bagi dunia reptile. Kura kura ini dikatakan dalam kondisi yang sangat baik, makannya banyak & tumbuh dengan baik setiap harinya. Chinese box turtle sudah dipelihara kebun binatang ini selama 3 tahun dan ini merupakan penetasan yang kedua.
Ada 9 spesies dari box turtle yang terdaftar di International Union for Endangered Species (IUCN), 7 diantaranya dinyatakan hampir punah. Beberapa spesies box turtle adala hewan yang suka berada di daratan, walaupun mereka akan mencari perairan dangkal untuk berburu atau berendam. Beberapa jenis lain lebih suka berada di air & bisa menghabiskan sebagian besar waktunya di air. Mereka hidup di habitat yang bervariasi, dari sub-tropis hingga ke daerah yang panas tapi selalu hidup di dekat air. Chinese box turtle hewan yang suka bersosialisasi. Kura kura sering terlihat dalam satu grup di aliran aliran sungai pegunungan, berenang di perairan dangkal. Kura kura ini omnivora, yang berarti memakan daging & sayuran.
Balik lagi ke si pendatang baru, kura kura ini sangat kecil sampai sampai untuk makan cacing aja kayanya harus ‘berjuang’ mati matian.. hehe..

Selain kura kura ini, ada juga kura-kura langka dan terancam punah yang ukurannya super mini, hanya sebesar buah anggur. Namanya kura-kura Kleinmann (Testudo kleinmanni) atau yang biasa disebut kura-kura Mesir. Tapi biarc namanya Kura kura Mesir, kura-kura ini juga terdapat di Libya.
Populasi kura-kura ini terus turun. Habitat aslinya juga sudah rusak akibat ulah manusia. Kura-kura ini sering diperdagangkan secara ilegal. Salah satunya ke Inggris, yang mana bea cukai Inggris tahun lalu menggagalkan penyelundupan kura-kura ini.

Kura-kura Kleinmann itu kini menghuni kebun binatang Whipsnade di Bedfordshire, Inggris. Kura-kura Kelinmann biasanya hidup di wilayah yang kering dengan pasir atau hutan yang kering. Mereka makan rumput, buah-buahan dan sayuran. Kura-kura ini bisa hidup 10 hingga 20 tahun. Bobot tubuh kura-kura ini 5 gram dan paling berat mencapai 500 gram Mereka aktif saat udara sangat dingin atau sangat panas. Selama musim dingin, kura-kura ini keluar saat siang hari. Sedangkan di musim panas, mereka aktif pada pagi dan malam hari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar