Budgett’s Frog Pemakan Segala



Budgett’s frog, katak yang bisa mencapai umur hingga 5 tahun jika dipelihara dengan benar. Katak ini masih bersaudara dengan Ornate Horn Frog. Katak ini adalah salah satu angota keluarga Leptodactylidae. Budgett’s Frog bukan pelompat yang baik dan handal dalam berenang juga.




Katak Budgett adalah hewan predator yang sangat rakus. Katak ini akan memakan dan mencoba memakan apa aja yang bisa dikalahkan. Katak ini tidak sungkan - sungkan menggigit tangan orang yang kurang hati hati ketika memberi mereka makan. Karena katak ini memiliki rahang yang sangat kuat yang dilengkapi dengan gigi tajam yang kaya mesin prosesor daging dan walaupun gigitannya tidak berbahaya.

Katak ini bergerak sangat lamban dan terlihat lesu kecuali jika diganggu. Kalau katak ini diganggu dan merasa ketakutan, dia akan membuka mulutnya lebar - lebar, berteriak seperti suara kucing kesakitan dan siap dalam posisi menyerang.

Giginya yang tajam membuat katak ini harus dipelihara sendirian dalam terrarium. Sediakan terrarium yang berisi air setinggi beberapa inci dan beri tanaman tanaman air yang mengapung.

Badannya gemuk besar dan kepalanya juga besar. Warna kulit katak ini hijau zaitun di bagian punggung dan perut. Ada juga pola yang berfungsi untuk berkamuflase yang berwarna kecoklatan dan hijau yang lebih tua, dan kelopak mata seringkali berwarna hijau yang lebih cerah.

Katak dewasa yang jantan memiliki tenggorokan berwarna gelap, sedangkan yang betina berwarna putih atau keabu - abuan. Kelopak mata katak ini memiliki karakteristik berbentuk seperti permata.




Saat dipindahkan dari perairan dan ditempatkan di tempat yang berkondisi lembab, katak ini akan mengubur dirinya sendiri. Jika kondisi di terrarium memungkinkan, katak ini akan mengubur dirinya hingga hanya bagian kepalanya saja yang terlihat atau bahkan mengubur semua bagian tubuhnya. Kebersihan terrarium perlu dijaga karena penting buat kesehatan dan umur katak ini.

Katak Budgett dapat beradaptasi dengan sangat mengagumkan  di daerah musiman semi kering. Di kolam yang mengering, katak Budgett’s akan menggali liang di lumpur, membuat semacam kepompong yang membungkus badannya sendiri dan tidak aktif sampai hujan turun dan membangunkan katak ini.

Makanan katak ini hampir segala jenis, dari serangga, udang udangan, katak kecil, keong, cacing, kodok, ular kecil, kadal dan kadang kadang binatang pengerat berukuran kecil.
Di penangkaran, katak ini memakan ulat bambu, jangkrik dan kadang pinkies. Bayi katak perlu kalsium yang ditaburkan pada makanannya. Kekurangan kalsium bisa menyebabkan metabolic Bone disease. Awasi cepatnya pertumbuhan katak peliharaan anda.

Jika terpaksa harus memegang katak ini, cuci tangan sebelum dan sesudahnya. Kulit katak ini dengan mudah menghisap rsidu dari banyak benda dari kulit manusia seperti parfum, bahan pembersih, insektisida tabir surya dan lain lain yang bisa berakibat fatal bagi katak ini.

Cara terbaik untuk mengambil katak ini adalah dengan menggunakan jaring. Jika katak sudah masuk ke jaring, tutup bagian atas jaring dengan tangan hingga katak ngga bisa lompat keluar dari jaring. Setelah itu, genggam katak di bagian pinggangnya. Pegang dengan hati hati dan jangan sampai tergigit.

Katak berukuran medium ini tidak butuh ruang banyak untuk hidup bahkan untuk berkembang biak. Katak kecil bisa dipelihara di akuarium seukuran kotak sepatu, tapi katak dewasa perlu kandang yang lebih besar lagi. Aquarium harus bebas bahan kimia, airnya bersih dan sedikit dimiringkan untuk menjaga air tetap berada di daerah yang lebih rendah.

Budgett’s frogs juga akan tumbuh di aquarium berfilter yang berisi beberapa inci air dan tanaman tanaman air. Karena katak bisa dengan cepat menyerap kotoran melalui kulitnya, sangat penting kalau air dan substrat dijaga kebersihannya.

Katak ini bisa terserang penyakit penyakit seperti:

•  Metabolic bone disease: disebabkan oleh ketidak mampuan untuk memetabolis kalsium atau kerena kekurangan kalsium dalam makanannya.
•  Redleg (Aeromonas,infeksi): disebabkan karena kualitas air yang buruk atau substrat yang kotor.
•  Penyerapan insektisida melalui kulit yang bisa berakibat fatal bagi katak ini. Cuci dan bilas tangan anda sebelum dan sesudah memegang katak Budgett.