Katak Kaca


Dari begitu banyak spesies amfibi yang aneh & menarik di planet Bumi, ada satu yang sangat unik & special. Dia adalah Katak Kaca atau Glass Frogs. Katak ini sangat unik karena kulitnya benar benar transparan, jadi isi tubuhnya bisa keliatan. Kulit yang transparan ini juga memberikan keuntungan bagi katak karena mereka bisa sedikit terlindungi dari predator. Sebab karena badannya yang transparan, katak ini hampir tidak terlihat di antara dedaunan. Apalagi Glass frogs kebanyakan aktif di malam hari. Ini membuat mereka sulit ditemukan.

Glass frogs hidup di pepohonan & di antara tanaman di hutan pegunungan Amerika Tengah & Selatan yang lembab. Hutan hujan ini lebih tinggi dari gunung sehingga disebut juga hutan awan karena pepohonannya selalu tertutup awan.
Selama musim kawin, katak ini hidup di sepanjang sungai dimana mereka akan bertelur di daun daun yang menggantung di atas air sungai. Setelah selesai musim kawin, katak ini akankembali hidup di dataran tinggi di pepohonan.
Telur Glass Frogs
Para ahli konservasi sangat tertarik dengan jenis katak ini karena kemungkinan katak ini bisa menjadi bioindikator. Yang artinya satu spesies dapat menyediakan petunjuk tentang kesehatan dari lingkungan tempat mereka hidup. Karena perubahan cuaca di Bumi, beberapa hutan hujan & hutan awan tempat glass frog hidup menjadi terlalu kering, yang membuat katak ini (dan juga tanaman & hewan lainnya yang hidup di hutan hujan & hutan awan) mengalami kesulitan untuk bertahan hidup. Dengan meneliti Glass frog, diharapkan dampak dari pemanasan global bagi hutan hujan & spesies yang ada di dalamnya bisa dipelajari lebih jauh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar