King Kobra






Ular ini adalah ular berbisa terpanjang di dunia. Panjang optimalnya hingga 6 meter dengan diameter badan mencapai 10 cm !!, ular ini mampu menghasilkan 16sendok teh bisa dalam sekali gigitan. Dan Ular King Kobra ini bisa membunuh 10.000 orang tiap tahun'y. 

Saat waspada dan marah mampu berdiri dengan tubuhnya setinggi 1/3 panjang tubuh normalnya, bahkan lebih. Pada saat marah, tingkah laku ular ini sangat agresif. Tanpa takut sedikit pun akan menyerang siapa saja yang menurut si ular menjadi ancaman. Jangankan menginjak, menyentuh badan atau ekornya sedikit aja akan ditanggapi dengan serangan langsung seketika.

King Kobra Tidak bisa menyemburkan bisa/racun.

Di Indonesia King Kobra memiliki ciri umum berwarna hitam atau coklat tua. berbisa/racun berjenis haemotoxcin dan neurotoxcin dalam satu paket. Sebuah kombinasi racun yang sangat mematikan dan sulit dibendung saat merusak tubuh korban gigitannya. 

Menurut catatan kasus gigitan ular king kobra, kekuatan racunnya dapat membunuh gajah dewasa dalam waktu 2 jam dan mampu membunuh manusia sekitar 10 - 15 menit saja. Manusia yang terkena ggitan king kobra jika tidak ditangani dengan cepat akan mengakibatkan kematian atau cacat tetap.

Perhatian bila di patuk ular ini tidak usah panik atau gugup karna disaat keadaan panik dan gugup peredaran darah akan semakin cepat menuju ke jantung maka otomatis racun yang berada di sel - sel darah akan terbawa.

Sebaran ular ini berada di bentangan karst selatan pulau Jawa, Kalimantan, Bukit Barisan Sumatera, Sulawesi dan Papua.

Bagi para caver yang akan masuk gua harap memperhatikan bagian entrance dan kawasan senja karena disinilah ular king kobra berteduh atau menunggu mangsanya. Makanan utamanya adalah ular.